Author Archives: HMJ Biologi "Lebah Madu"

Press Release SiBiSa HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

SIBISA (SINAU BIOLOGI SESARENGAN) 2022

SiBiSa (Sinau Biologi Sesarengan) merupakan salah satu program kegiatan dari Bidang Penalaran HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 yang mengusung tema “Being A Good Biologist by Increasing Knowledge of Biology with Peers”. Kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2019, 2020, dan 2021 Universitas Negeri Malang untuk belajar Biologi bersama dengan mentor sebaya, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan tentang Biologi. Materi yang diajarkan pada SiBiSa ini disesuaikan dengan mata kuliah yang sedang ditempuh. Kegiatan SiBiSa ini dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan. Pertemuan 1 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, pertemuan 2, 4, dan 5 dilaksanakan secara daring asinkron melalui Grup WhatsApp, dan pertemuan 3 dilaksanakan secara luring di B25.

Rangkaian kegiatan awal SiBiSa adalah briefing pemateri yang dilakukan sebelum pelaksanaan pertemuan SiBiSa. Briefing pemateri dilakukan sebanyak 2 kali melalui Google Meet, yakni tanggal 26 April dan 18 September 2022. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan materi yang diajarkan. Pada SiBiSa pertemuan 1 dan 2 materi yang diajarkan, yaitu Bahasa Inggris, Biokimia, Mikrobiologi, Statistika, Fisiologi Hewan/ Manusia, Genetika, Struktur dan Perkembangan Hewan 1, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan 1, dan Ekologi. Sedangkan pada SiBiSa pertemuan 3, 4, dan 5 materi yang diajarkan, yaitu Fisiologi Tumbuhan, Biokonservasi, Genetika 1, Struktur dan Perkembangan Hewan 2, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan 2, dan Keanekaragaman Hewan.

Briefing pemateri diawali dengan pembukaan pada pukul 20.30 WIB oleh ketua pelaksana. Kemudian penyampaian materi briefing selama 20 menit, dan dilanjutkan sesi tanya jawab, penutupan, dan dokumentasi. Pertemuan 1 SiBiSa dilaksanakan pada tanggal 30 April 2022. Pembukaan pertemuan 1 SiBiSa dilaksanakan pukul 08.20 WIB dengan diawali sambutan dari ketua Pelaksana, Bupati Mahasiswa Biologi 2022, Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu”2022, serta Ketua Departemen Biologi, yang kemudian disusul dengan sesi dokumentasi bersama. Terdapat 2 sesi yang setiap sesinya dilaksanakan selama 60 menit. Setelah pembelajaran, peserta diwajibkan untuk mengisi soal post test sesuai dengan mata kuliah yang sudah dipelajari. Apabila waktu masih tersisa, soal-soal post test yang sekiranya sulit akan dibahas bersama dengan pemateri. Setelah sesi belajar selesai, peserta dan pemateri diarahkan oleh panitia untuk kembali ke main room guna melakukan presensi dan sesi dokumentasi. Kemudian di akhir kegiatan juga dilakukan penutupan serta pengiriman angket kritik dan saran untuk pemateri, dan angket kepuasan untuk peserta.

Pertemuan 2, 4, dan 5 dilaksanakan secara daring asinkron melalui Grup WhatsApp, sehingga rangkaian kegiatannya sama dan tidak ada pembagian sesi belajar. Pertemuan 2 dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2022, pertemuan 4 dilaksanakan tanggal 15 Oktober, dan pertemuan 5 dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022. Kegiatan dimulai dengan pengiriman link Google Drive berisi bahan ajar dan video materi kepada peserta pada pukul 08.00–12.00 WIB. Setelah peserta mempelajari materi, kemudian dikirimkan link post test untuk mengukur pemahaman peserta. Soal post test bisa dikerjakan mulai dari pukul 12.00–23.59 WIB. Selain itu, juga dikirimkan angket kritik dan saran untuk pemateri, serta angket kepuasan untuk peserta. Angket bisa diisi hingga pukul 23. 59 WIB.

Berbeda dengan keempat pertemuan lainnya, pertemuan 3 SiBiSa dilaksanakan secara luring di Gedung B25. Namun, mata kuliah Biokonservasi, tidak diajarkan pada pertemuan ini, karena tidak ada peserta yang memilih mata kuliah tersebut. Pertemuan 3 dibagi menjadi 2 sesi belajar yang mana pada sesi 1 terdapat mata kuliah Struktur dan Perkembangan Hewan 2, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan 2, dan Genetika 1. Sesi 1 dilaksanakan pukul 08.15–09.45 WIB. Sedangkan sesi 2 terdapat mata kuliah Keanekaragaman Hewan dan Fisiologi Tumbuhan. Sesi 2 dilaksanakan pukul 10.15–11.45 WIB. Selain itu, di akhir kegiatan baik pemateri maupun peserta diberikan pertanyaan tentang proses pembelajaran, maupun kesan dan pesan untuk perbaikan SiBiSa di pertemuan selanjutnya.

Press Release Pengadaan Jaket Departemen oleh HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Pengadaan Jaket Departemen oleh HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Departemen Biologi tahun 2022 memiliki 6 program studi, yaitu S1, S2, dan S3 Pendidikan Biologi serta S1 dan S2 Biologi. Selain itu, terdapat program studi baru, yaitu ada S1 Gizi. Program studi di Departemen Biologi hampir keseluruhan telah terakreditasi A bahkan juga mendapatkan sertifikat internasional. Dengan adanya program kegiatan pengadaan Jaket Departemen diharapkan dapat menjadi identitas dan pengenal bagi seluruh warga Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kegiatan pengadaan jaket departemen ini diawali dengan Open PO pada tanggal 8−16 November 2022. Warga Biologi yang memesan jaket departemen akan mengisi Google Formulir yang telah dibagikan dan melampirkan bukti pembayaran. Selanjutnya pada tanggal 16 November 2022, panitia melakukan pemesanan jaket departemen ke konveksi yang telah dipilih, yaitu Akina Konveksi. Alamat dari konveksi ini, yaitu Jl. Ir. Rais Gg. 14 No.445, Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang. Saat melakukan pemesanan ke pihak konveksi, pihak tersebut tidak menyetujui untuk menerima pesanan kami. Hal tersebut dikarenakan kuota pemesanan yang tidak memenuhi ketentuan dari pihak konveksi. Ketentuan untuk dapat melakukan pemesanan, yaitu dengan melakukan pemesana jaket departemen minimal 12 buah, namun dari warga Biologi yang melakukan pemesanan jaket departemen hanya sebanyak 2 orang. Meskipun publikasi sudah panitia lakukan di media sosial Instagram dan WhastApp, namun minat dari warga Biologi masih kurang. Hal tersebut juga disebabkan terbatasnya waktu PO sehingga banyak dari warga Biologi belum melakukan pemesanan namun pemesana jaket departemen sudah close order

Press Release Biology Sustainable Workshop HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Bioskop (Biology Sustainable Workshop) HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Bioskop (Biology Sustainable Workshop) dengan tema “Get a New Experience with Cultivating Mushrooms” merupakan salah satu program kegiatan dari HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 berupa workshop dengan mempraktikkan secara langsung cara penanaman bibit jamur tiram. Penanaman jamur tiram ini memanfaatkan limbah organik yang melimpah, murah, dan mudah didapat di sekitar. Kegiatan Bioskop bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan media jamur tiram dan mengasah keterampilan mahasiswa sehingga dapat mengimplementasikan ilmu tersebut di kehidupan sehari-hari maupun lingkungan sekitar. Kegiatan Bioskop telah dilaksanakan pada hari Selasa, 22 November 2022 di Gedung B21 Lantai 2 Ruang 211 Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Bioksop diawali dengan persiapan panitia dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta serta pembagian kelompok. Rangkaian acara dipandu oleh Muhammad Rizky Ramadhan selaku Master of Ceremony pada pukul 14.15 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Biologi. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai budidaya jamur oleh Kak Elysa Firdiani selaku pemateri pada pukul 14.23 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik secara langsung. Para mahasiswa yang telah dibagi secara berkelompok ikut melakukan praktik secara langsung mengenai pembuatan media tanam jamur (baglog) hingga cara inokulasi jamur. Pada kegiatan praktik tersebut, para mahasiswa didampingi dan diarahkan oleh pemateri dan pendamping kelompok. Setelah kegiatan inti selesai, dilanjutkan dengan pengisian link angket kepuasan oleh peserta yang juga disusul dengan penyerahan apresiasi kepada pemateri. Kegiatan terakhir adalah penutupan resmi oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama pemateri dan peserta. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini sejumlah 8 peserta dari target 15 peserta yang berarti target masih belum tercapai.

PRESS RELEASE PODCAST BIOLOGY SPORT (POBIS) HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Podcast Biology Sport (POBIS) dengan tema “Be Active and Stay Healthy” merupakan program kegiatan berupa rekaman audio bersama ahli keolahragaan yang akan membahas segala hal seputar keolahragaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pendengar seputar keolahragaan, khususnya seluruh mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Podcast Biology Sport (POBIS) dilaksanakan dengan memublikasikan podcast sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 21 Juni, 24 Agustus, dan 9 November 2022. Adapun rincian kegiatan diawali dengan mewawancarai narasumber yang ahli dalam bidang keolahragaan, kemudian hasil wawancara diedit dan dipublikasikan melalui Spotify, Youtube, dan Instagram.

Pada POBIS pertama diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM), yakni Ridho Aldyas Akbar. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 pukul 10.00 WIB di Gedung B25 lantai 2. Podcast pertama ini membahas mengenai “How to Increase the Spirit of Sports After the Pandemic?”. Kemudian, pada POBIS kedua diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa FIK UM, yakni Muhammad Syarif Hidayatullah. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB di Gedung B25 lantai 2. Podcast kedua ini mengangkat topik keolahragaan yang tengah diminati semua kalangan yaitu mengenai “The Exsistence of e-Sport in the Digital Era”. Selanjutnya, POBIS ketiga diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa FIK UM, yakni Siti Nurjannah Putri. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Selasa, 8 November 2022 pukul 17.00 WIB di jalan Kendalsari IV No.33, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Pada podcast ketiga ini mengangkat topik keolahragaan yang berhubungan dengan kesehatan, yaitu mengenai “Sharing Cara Diet yang Benar dan Hidup Sehat”. Setelah wawancara, kegiatan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi oleh para panitia dan narasumber. Kegiatan POBIS pertama hingga ketiga ini dipublikasikan melalui YouTube HMD Biologi “Lebah Madu”, Instagram HMD Biologi “Lebah Madu”, dan akun Spotify HMD Biologi “Lebah Madu”.

PRESS RELEASE KULIAH TAMU MEL SUBDIVISI HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kuliah Tamu MEL merupakan salah satu program kerja dari MEL yang ditujukan untuk masyarakat umum dan akademisi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daringmelalui Zoom Meeting yang berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 12November 2022. Kuliah Tamu dilaksanakan dengan memaparkan materi mengenai bioakustik burung yang dapat menjadi  upaya konservasi dalam menjaga kelestarianburung di Indonesia. Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini juga akan dibukasesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring terlihat cukup banyak partisipan dari wilayah Malang hingga dari luar kota Malang. Jumlah peserta kuliah tamu yang hadir sekitar 75 peserta dan terlaksana dengan baik sesuai susunan acara yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan Kuliah Tamu diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan  dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama sekaligus pembukaan KULTAM MEL  2022 disampaikanoleh Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Setelah itu  sambutan dilanjutkan oleh Bupati Mahasiswa Biologi, Ketua Umum MEL, dan Ketua  Pelaksana KULTAM MEL 2022.

Sebelum memulai pemaparan materi, dilakukan pembacaan doa yang dipimpinoleh MC yang kemudian disusul dengan sesi dokumentasi. Berlanjut ke acara inti dari Kuliah Tamu yakni pemaparan materi yang berkaitan dengan tema. Kuliah TamuMEL 2022 ini mengusung tema  “Mendengar untuk Melestarikan: Bioakustik Burungsebagai Upaya Konservasi”.

Selama pemaparan materi oleh narasumber, terlihat para peserta memperhatikan dengan baik dan fokus kepada penyampaian materi. Para peserta juga sangat bersemangat dalam sesi tanya jawab bersama narasumber. Selama sesi tanya jawab, peserta Kuliah Tamu menyampaikan pertanyaannya melalui kolom chat, lalu pertanyaan-pertanyaan tersebut ditampung dan ditampilkan pada room meeting oleh panitia yang bertugas. Setelah berakhirnya sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pembagian link presensi peserta dan sertifikat yang akan dibagikan. Selanjutnya, acara diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Dengan adanya kegiatan Kuliah Tamu ini, didapatkan hasil yang sesuai tujuan, yaitu menambah wawasan mengenai bioakustik burung. Setelah pemaparan materi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta di kemudian hari. Selain itu, wawasan tersebut juga dapat diterapkan sebagai upaya konservasi untuk mencegah kepunahan spesies burung. Diharapkan para masyarakat dapat lebih peka terhadapkeberadaan burung di sekitarnya.