Category Archives: Uncategorized

Press Release Biology Sustainable Workshop HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Bioskop (Biology Sustainable Workshop) HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Bioskop (Biology Sustainable Workshop) dengan tema “Get a New Experience with Cultivating Mushrooms” merupakan salah satu program kegiatan dari HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 berupa workshop dengan mempraktikkan secara langsung cara penanaman bibit jamur tiram. Penanaman jamur tiram ini memanfaatkan limbah organik yang melimpah, murah, dan mudah didapat di sekitar. Kegiatan Bioskop bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan media jamur tiram dan mengasah keterampilan mahasiswa sehingga dapat mengimplementasikan ilmu tersebut di kehidupan sehari-hari maupun lingkungan sekitar. Kegiatan Bioskop telah dilaksanakan pada hari Selasa, 22 November 2022 di Gedung B21 Lantai 2 Ruang 211 Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Bioksop diawali dengan persiapan panitia dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta serta pembagian kelompok. Rangkaian acara dipandu oleh Muhammad Rizky Ramadhan selaku Master of Ceremony pada pukul 14.15 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Biologi. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai budidaya jamur oleh Kak Elysa Firdiani selaku pemateri pada pukul 14.23 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik secara langsung. Para mahasiswa yang telah dibagi secara berkelompok ikut melakukan praktik secara langsung mengenai pembuatan media tanam jamur (baglog) hingga cara inokulasi jamur. Pada kegiatan praktik tersebut, para mahasiswa didampingi dan diarahkan oleh pemateri dan pendamping kelompok. Setelah kegiatan inti selesai, dilanjutkan dengan pengisian link angket kepuasan oleh peserta yang juga disusul dengan penyerahan apresiasi kepada pemateri. Kegiatan terakhir adalah penutupan resmi oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama pemateri dan peserta. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini sejumlah 8 peserta dari target 15 peserta yang berarti target masih belum tercapai.

PRESS RELEASE PODCAST BIOLOGY SPORT (POBIS) HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Podcast Biology Sport (POBIS) dengan tema “Be Active and Stay Healthy” merupakan program kegiatan berupa rekaman audio bersama ahli keolahragaan yang akan membahas segala hal seputar keolahragaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pendengar seputar keolahragaan, khususnya seluruh mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Podcast Biology Sport (POBIS) dilaksanakan dengan memublikasikan podcast sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 21 Juni, 24 Agustus, dan 9 November 2022. Adapun rincian kegiatan diawali dengan mewawancarai narasumber yang ahli dalam bidang keolahragaan, kemudian hasil wawancara diedit dan dipublikasikan melalui Spotify, Youtube, dan Instagram.

Pada POBIS pertama diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM), yakni Ridho Aldyas Akbar. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 pukul 10.00 WIB di Gedung B25 lantai 2. Podcast pertama ini membahas mengenai “How to Increase the Spirit of Sports After the Pandemic?”. Kemudian, pada POBIS kedua diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa FIK UM, yakni Muhammad Syarif Hidayatullah. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB di Gedung B25 lantai 2. Podcast kedua ini mengangkat topik keolahragaan yang tengah diminati semua kalangan yaitu mengenai “The Exsistence of e-Sport in the Digital Era”. Selanjutnya, POBIS ketiga diisi dengan narasumber yang merupakan mahasiswa FIK UM, yakni Siti Nurjannah Putri. Proses wawancara narasumber dilakukan pada hari Selasa, 8 November 2022 pukul 17.00 WIB di jalan Kendalsari IV No.33, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Pada podcast ketiga ini mengangkat topik keolahragaan yang berhubungan dengan kesehatan, yaitu mengenai “Sharing Cara Diet yang Benar dan Hidup Sehat”. Setelah wawancara, kegiatan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi oleh para panitia dan narasumber. Kegiatan POBIS pertama hingga ketiga ini dipublikasikan melalui YouTube HMD Biologi “Lebah Madu”, Instagram HMD Biologi “Lebah Madu”, dan akun Spotify HMD Biologi “Lebah Madu”.

PRESS RELEASE KULIAH TAMU MEL SUBDIVISI HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kuliah Tamu MEL merupakan salah satu program kerja dari MEL yang ditujukan untuk masyarakat umum dan akademisi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daringmelalui Zoom Meeting yang berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 12November 2022. Kuliah Tamu dilaksanakan dengan memaparkan materi mengenai bioakustik burung yang dapat menjadi  upaya konservasi dalam menjaga kelestarianburung di Indonesia. Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini juga akan dibukasesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring terlihat cukup banyak partisipan dari wilayah Malang hingga dari luar kota Malang. Jumlah peserta kuliah tamu yang hadir sekitar 75 peserta dan terlaksana dengan baik sesuai susunan acara yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan Kuliah Tamu diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan  dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama sekaligus pembukaan KULTAM MEL  2022 disampaikanoleh Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Setelah itu  sambutan dilanjutkan oleh Bupati Mahasiswa Biologi, Ketua Umum MEL, dan Ketua  Pelaksana KULTAM MEL 2022.

Sebelum memulai pemaparan materi, dilakukan pembacaan doa yang dipimpinoleh MC yang kemudian disusul dengan sesi dokumentasi. Berlanjut ke acara inti dari Kuliah Tamu yakni pemaparan materi yang berkaitan dengan tema. Kuliah TamuMEL 2022 ini mengusung tema  “Mendengar untuk Melestarikan: Bioakustik Burungsebagai Upaya Konservasi”.

Selama pemaparan materi oleh narasumber, terlihat para peserta memperhatikan dengan baik dan fokus kepada penyampaian materi. Para peserta juga sangat bersemangat dalam sesi tanya jawab bersama narasumber. Selama sesi tanya jawab, peserta Kuliah Tamu menyampaikan pertanyaannya melalui kolom chat, lalu pertanyaan-pertanyaan tersebut ditampung dan ditampilkan pada room meeting oleh panitia yang bertugas. Setelah berakhirnya sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pembagian link presensi peserta dan sertifikat yang akan dibagikan. Selanjutnya, acara diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Dengan adanya kegiatan Kuliah Tamu ini, didapatkan hasil yang sesuai tujuan, yaitu menambah wawasan mengenai bioakustik burung. Setelah pemaparan materi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta di kemudian hari. Selain itu, wawasan tersebut juga dapat diterapkan sebagai upaya konservasi untuk mencegah kepunahan spesies burung. Diharapkan para masyarakat dapat lebih peka terhadapkeberadaan burung di sekitarnya.

PRESS RELEASE BIOLOGY MAGAZINE EDISI 4

BIOZINE atau Biology Magazine merupakan sebuah program kerja yang diselenggarakan oleh HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 berupa penerbitan majalah. Program kerja ini bertujuan sebagai media informasi dan literasi digital mengenai alam yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan. Sudah selayaknya literasi digaungkan untuk mencerdaskan masyarakat milenial. BIOZINE Edisi 4 mengusung tema “Revive the World of Biodiversity” yang merupakan suatu bentuk inovasi dari edisi sebelumnya. Informasi-informasi mengenai biodiversitas perlu diangkat untuk disebarluaskan sebagai edukasi bagi masyarakat terutama bagi pembacanya.

Majalah ini berisikan informasi seputar Departemen Biologi seperti penelitian dosen, mahasiswa berprestasi, kegiatan yang dilaksanakan hingga karya-karya yang dibuat oleh mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Selain itu, BIOZINE edisi 4 menyuguhkan informasi umum yang menarik dan menghibur melalui tampilan visualisasi yang mendukung di setiap halamannya. E-Magazine ini ditujukan kepada masyarakat umum dan civitas akedemika Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang yang dirilis melalui Website ISSUU dan tujuh buah majalah cetak yang masing-masing akan diserahkan kepada pihak Fakultas MIPA, Ketua Departemen Biologi, Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022, dua dosen sebagai narasumber, sebagai arsip Ormawa, dan juga untuk diletakkan di lobby Gedung B21 agar bisa dijadikan sebagai bahan literasi.

Penyusunan BIOZINE Edisi 4 dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan yang dimulai pada tanggal 1 September 2022. Rangkaian kegiatan dimulai dari penentuan narasumber dengan topik wawancara yang sudah ditentukan. Kegiatan selanjutnya adalah menghubungi dan melakukan wawancara bersama narasumber yang telah disepakati, yaitu pada tanggal 15 September–4 Oktober 2022. Kemudian, pada tanggal 24 September–7 Oktober 2022 dilaksanakan Open Submission yang merupakan kegiatan pengumpulan karya bagi seluruh mahasiswa aktif Departemen Biologi Universitas Negeri Malang. Karya yang dikumpulkan dapat berupa fotografi, puisi, cerpen, dan komik. Selanjutnya, karya Open Submission ini akan diseleksi dan dipilih lima karya terbaik yang akan dimasukkan ke dalam majalah BIOZINE Edisi 4.

Setelah seluruh naskah dari Sie Reporter Konten terkumpul, dilakukanlah penyuntingan naskah mulai tanggal 14 Oktober 2022. Naskah yang sudah disunting, kemudian dimasukkan dalam desain layout yang disesuaikan dengan topik dari masing-masing naskah. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Oktober sampai 12 November 2022. Tanggal 14 November 2022, perilisan BIOZINE EDISI 4 secara resmi diunggah melalui Website ISSUU dan dipublikasikan pada sosial media HMD Biologi “Lebah Madu”.

Link akses BIOZINE EDISI 4 2022:
https://bit.ly/BIOZINEEdisi4

PRESS RELEASE THERMOLOGY 2022 HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

THERMOLOGY 2022 dengan mengusung tema “Create Talented and Outstanding Young Scientists in the Globalization Era” merupakan program kegiatan terbesar dari Bidang Bakat dan Minat HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah perayaan Dies Natalis Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang yang ke-68. Selain itu, THERMOLOGY 2022 juga sebagai wadah pengembangan bakat dan minat serta meningkatkan keterampilan bakat dan minat mahasiswa, khususnya mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kegiatan THERMOLOGY 2022 ini diawali dengan Technical Meeting bersama ketua offering Departemen Biologi angkatan 2020–2022 pada tanggal 3 September 2022. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pendaftaran cabang lomba singing competition, dance competition, dan poetry competition yang dibuka pada tanggal 28–29 Oktober 2022 dengan sasaran peserta adalah mahasiswa Departemen Biologi Program Studi Biologi angkatan 2020–2022. Kegiatan Puncak THERMOLOGY 2022 dilaksanakan pada tanggal 1 November secara luring di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang. Kegitatan puncak ini diawali dengan open gate pada pukul 14.00 WIB yang juga bersamaan dengan penampilan dari KOMIPA selaku partnership dalam acara ini. Kemudian, pukul 14.10 WIB acara dibuka oleh MC yang disusul dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana THERMOLOGY 2022 dan dosen pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Selanjutnya adalah penayangan kompilasi video ucapan dies natalis dari Bapak dan Ibu dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa Departemen Biologi. Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng oleh dosen dan tenaga pendidik yang disusul dengan pembacaan doa.

Pada acara puncak ini juga terdapat lomba tumpeng yang diikuti oleh tiap program studi di Departemen Biologi dari mulai angkatan 2020 sampai 2022. Adapun juri lomba tumpeng itu
sendiri adalah dari seluruh dosen yang hadir di acara tersebut. Di sela-sela acara lomba tumpeng, seluruh peserta dan undangan yang hadir juga disuguhkan dengan penampilan dari Gema Suara Cipta selaku partnership dalam kegiatan ini. Kemudian, acara juga dilanjutkan dengan penampilan cabang lomba singing competition, dance competition, dan poetry competition. Penampilan perlombaan ini diselingi dan dimeriahkan dengan acara pemilihan Putra Konservasi Putri Lestari 2022. Setelah penampilan seluruh peserta di tiap cabang lomba, pada akhir acara terdapat pengumuman pemenang tiap cabang lomba THERMOLOGY 2022 dan pemenang dari Putra Konservasi Putri Lestari 2022. Selanjutnya, acara ini ditutup dengan penutupan oleh MC yang disusul dengan penampilan dari RICCHO Music and Entertainment Band.