Monthly Archives: November 2021

Press Release Pengadaan Jas Laboratorium HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021

PRESS RELEASE PENGADAAN JAS LABORATORIUM

 HMJ BIOLOGI “LEBAH MADU” 2021

Mahasiswa Jurusan Biologi tentunya tidak asing lagi pada kegiatan yang berkaitan dengan laboratorium. Tentu saja terdapat beberapa prosedur keselamatan kerja yang harus dipenuhi saat bekerja di laboratorium, salah satunya adalah pemakaian jas laboratorium. Oleh karena itu, HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021 melakukan pengadaan jas laboratorium guna meningkatkan keselamatan kerja di laboratorium Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Pengadaan jas laboratorium ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UM, terutama mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA UM 2021. Diharapkan dengan adanya pengadaan jas laboratorium ini, dapat mencegah kecelakaan dalam melakukan praktikum dan bisa mengembangkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja di laboratorium.

Pengadaan Jas Laboratorium ini sendiri bekerja sama dengan Konveksi Enomerch yang terletak di Jl. Candi No. 2 Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dalam kerja sama ini, pihak konveksi beserta PI telah mengadakan MoU sebagai kesepakatan kerja sama antara kedua belah pihak. Isi kesepakatannya di antaranya estimasi waktu produksi, pelunasan, pelayanan, dan pembayaran.

Kemudian, kegiatan yang dilakukan selanjutnya ialah pendataan ukuran jas laboratorium bagi mahasiswa baru sekaligus pembayaran periode I pada hari Senin‒Minggu, 11‒17 Oktober 2021 melalui pengisian bit.ly/FormulirPemesananJasLab di Google Formulir. Pembayaran jas laboratorium sendiri dilakukan dalam dua periode, yakni periode I pada Senin‒Minggu,11‒17 Oktober 2021 dan periode II pada Senin‒Minggu,18‒31 Oktober 2021. Setelah dilakukan pembayaran pada PI melalui aplikasi Dana ataupun pada nomor rekening bank PI, kemudian bukti transaksinya dikirimkan melalui bit.ly/PembayaranTahapII di Google Formulir yang sudah disediakan.

Desain, ukuran, dan jumlah pesanan sudah dikirimkan kepihak konveksi oleh PI pada Selasa, 19 Oktober 2021 dengan total sebanyak 208 pesanan. Pada hari Rabu, 20 Oktober 2021 PI melakukan pemesanan sekaligus pembayaran DP sebesar 50% kepihak konveksi. Pihak konveksi mengonfirmasi bahwa lama waktu produksi jas laboratorium ialah sekitar 4 minggu dan pengerjaan jas laboratorium dimulai pada Rabu, 20 Oktober 2021 dan selesai pada Rabu, 27 November 2021. Selanjutnya pada Selasa, 30 November 2021 dilaksanakan pembagian jas laboratorium kepada mahasiswa baru yang telah memesan. Pembagian jas laboratorium dibantu dengan para OC Bidang Kesejahteraan.

Press Release Kuliah Tamu MEL 2021 Sub Divisi Malang Eyes Lapwing HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021

PRESS RELEASE KULIAH TAMU MEL 2021

SUB-DIVISI MALANG EYES LAPWING

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSANBIOLOGI “LEBAH MADU” 2021

Kuliah Tamu MEL 2021 merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Malang Eyes Lapwing (MEL)Sub-Divisi HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021 Universitas Negeri Malang. Agenda dari kegiatan ini berupa pemaparan materi mengenai Ancaman dan Upaya Konservasi Elang Jawa. MEL sendiri merupakan sebuah kelompok studi burung liar di bawah Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Lebah Madu” 2021 yang bergerak dalam bidang pengamatan dan studi mengenai burung liar. Kelompok studi ini memberikan fasilitas bagi mahasiswa baik dari dalam maupun luar Jurusan Biologi yang memiliki minat dalam mengamati dan mempelajari burung liar. Adanya kelompok studi ini diharapkan dapat menunjang keterampilan mahasiswa Biologi dalam mengenal alam dan lingkungan sekitar melalui kegiatan praktik lapang dan mempelajari pentingnya konservasi burung yang berperan di alam.

egiatan Kuliah tamu MEL 2021 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting yang berlangsung pada tanggal 21 November 2021 mulai pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh Inna Milki Amnun Istaufa sebagai MC. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Muhammad Ahva Mushlich selaku Ketua Umum HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021 dilanjutkan dengan sambutan oleh Muhammad Noorjazuli Abdillah selaku ketua umum MEL 2021. Agenda yang berikutnya adalah pembukaan acara Kuliah Tamu MEL 2021 oleh Lucy Nafis selaku Ketua Pelaksana. Agenda berikutnya, yakni pemaparan materi pertama yang dibawakan oleh Bapak Gunawan dari Yayasan Konservasi Elang Indonesia dan Bapak Elham Purnomo dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur yang kemudian diikuti dengan sesi diskusi.Sesi diskusi dimulai pada pukul 10.25 WIByang dipandu oleh Fitriana Salehah sebagai Moderator.Jumlah participant dari kegiatan ini sebanyak 73 orang yang terdiri dari 15 orang sebagai panitia, 11 peserta dari mahasiswa Biologi dan 47 peserta dari masyarakat umum.

Pada Kuliah tamu tersebut dipaparkan materidengan tema “Ancaman dan Upaya Konservasi Elang Jawa”, dimana Elang Jawa merupakan salah satu spesies Elangendemik Pulau Jawa dan saat ini keberadaan Elang Jawa memiliki status yang terancam punah karena faktor habitat hingga perdagangan.Sehingga dengan dengan adanyaKuliah Tamu MEL 2021 ini diharapkan masyarakat agar lebih teredukasi mengenai pentingnya upaya konservasi burung Elang Jawa.

Press Release Science Webinar HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021

SCIENCE WEBINAR HMJ BIOLOGI “LEBAH MADU” 2021

Science Webinar 2021 merupakan kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh HMJ
Biologi “Lebah Madu” 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada
seluruh peserta mengenai perkembangan biologi modern dalam sudut pandang agama Islam. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan daya pikir dan pengetahuan peserta mengenai perkembangan biologi modern, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta meningkatkan rasa kepedulian peserta dan penyelenggara terhadap perkembangan biologi modern.

Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari pada hari Sabtu tanggal 20 November
2021 secara daring melalui Zoom Meeting dan Live YouTube HMJ Biologi “Lebah Madu” Universitas Negeri Malang. Acara ini dimulai pada pukul 08.15 WIB, diawali dengan
registrasi peserta pada ruangan Zoom Meeting, pembukaan acara yang dipandu oleh
Alviyanti Nur Rizka selaku Master of Ceremony, pembacaan tilawah oleh Ahmad Baihaqi, sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Science Webinar 2021, Ketua Umum
HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021, Dosen Pendamping HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021, Ketua Jurusan Biologi, serta Wakil Dekan III FMIPA Universitas Negeri Malang yang kemudian dilanjut dengan sesi dokumentasi bersama yang dipandu oleh panitia pelaksana. Setelah pembukaan acara, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi berjudul “Kaidah Keislaman sebagai Benteng dalam Penerapan Ilmu Biologi pada Kehidupan Sehari-hari” oleh Dr. H. Kholisin, M.Hum., selama 45 menit.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 30 menit yang dipandu oleh Emiliatur Rosidah Putri selaku Moderator. Peserta diberi kesempatan bertanya melalui room
chat maupun bertanya secara langsung melalui fitur raise hand yang tersedia pada Zoom
Meeting. Pada saat sesi tanya jawab berlangsung, baik peserta maupun panitia sangat antusias dalam bertanya seputar kajian topik yang dibahas. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 80 peserta yang berasal dari masyarakat umum dan mahasiswa. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan peserta ketika mengikuti kegiatan Science Webinar 2021 ini yang dipandu langsung oleh MC. Kegiatan Science Webinar 2021 ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Fayi’ Nurfa’izi dan berakhir pada pukul 11.15 WIB.

Press Release Bionique HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021

PRESS RELEASE BIONIQUE HMJ BIOLOGI “LEBAH MADU” 2021

Bionique merupakan side job dari Bidang Penalaran HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi salah satu upaya yang disusun untuk menambah pengetahuan terkait ilmu-ilmu biologi yang dapat menambah wawasan untuk mahasiswa biologi dalam menerapkan dan mengaplikasikan ilmu biologi untuk lingkungan sekitarnya. Program ini juga menjadi wadah dalam meningkatkan daya berpikir pembaca dalam menganalisis teori dari seorang ilmuwan, mengetahui, dan mengenal seseorang yang berjasa dalam menemukan teori dan mengembangkannya dalam keilmuan biologi, serta mengetahui perkembangan ilmu biologi yang telah dilakukan oleh para ilmuwan dan peneliti untuk menghasilkan kemudahan dan kejelasan dari sebuah fenomena kehidupan.

Kegiatan Bionique ini memiliki tema “The Insightful and Knowledgeable Generation of Biologist” dengan empat tema yang diangkat bergantian setiap minggunya. Tema ini dipilih melalui voting dan usulan dari setiap anggota yang dibagi lagi menjadi beberapa topik antara lain Teori Ilmuwan, Kesalahpahaman dalam Biologi, Tips Sehat, dan Fakta Unik. Publikasi Bionique dimulai pada tanggal 19 Juni 2021 dengan tema Teori ilmuwan yang berjudul “Teori Genetika Mendel”.

Naskah yang telah disusun oleh anggota nantinya akan dikirimkan ke grup WhatsApp untuk dikoreksi bersama dengan Steering Committee Bidang Penalaran, kemudian naskah yang telah disetujui akan dikirimkan ke Tim Branding HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021 untuk dibuatkan desain dan dipublikasikan di Instagram HMJ Biologi “Lebah Madu”. Kegiatan Bionique dilaksanakan setiap minggunya terhitung sejak bulan Juni 2021 hingga Oktober 2021 secara daring melalui instagram HMJ Biologi “Lebah Madu” pukul 09.00–19.00 WIB pada setiap minggunya. Pada tanggal 20 Oktober 2021, pengunggahan konten terakhir yang dilakukan bertema Kesalahpahaman dalam Biologi dengan judul “Mandi Malam Bisa Menyebabkan Reumatik?”.

Press Release Pameran dan Open Recruitment Sub-Divisi Malang Eyes Lapwing HMJ Biologi “Lebah Madu” 2021

PRESS RELEASE PAMERAN DAN OPEN RECRUITMENT

SUB-DIVISI MALANG EYES LAPWING

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI “LEBAH MADU” 2021

Pameran dan Open Recruitment merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Malang Eyes Lapwing (MEL) Sub-Divisi HMJ Biologi Universitas Negeri Malang. Agenda dari kegiatan ini berupa Pameran Foto dan Sketsa dari anggota Malang Eyes Lapwing (MEL) serta perekrutan anggota baru MEL.

MEL sendiri merupakan kelompok studi burung liar di bawah Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “LebahMadu”, tepatnya di bawah koordinasi Bidang Bakat dan Minat yang bergerak dalam bidang pengamatan dan studi mengenai burung liar. Kelompok studi ini memberikan fasilitas bagi mahasiswa baik dari dalam maupun luar Jurusan Biologi yang memiliki minat dalam mengamati dan mempelajari burung liar. Adanya kelompok studi ini diharapkan dapat menunjang keterampilan mahasiswa Biologi dalam mengenal alam dan lingkungan sekitar melalui kegiatan praktik lapang dan mempelajari pentingnya mengkonservasi burung yang, salah satunya dengan cara mempelajari perannya di alam.

Kegiatan Pameran dan Open Recruitment ini dilaksanakan secara daring melalui media Artstep yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 30 Oktober–1 November 2021. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang. Dari sasaran tersebut, didapatkan jumlah pengunjung sebanyak 81 orang. Pada Artstep tersebut, ditampilkan beberapa karya berupa gambaran spesies burung liar, meliputi foto maupun sketsa dari burung liar yang disertai dengan deskripsi pada tiap karya. Foto dan sketsa tersebut diambil dari berbagai daerah yang karya anggota MEL itu sendiri. Adanya pemeran ini diharapkan masyarakat utamanya mahasiswa biologi agar lebih teredukasi mengenai pentingnya konservasi burung. Selain itu juga dilakukan open recruitment anggota melalui penyebaran link yang dilakukan bersamaan dengan penyebaran publikasi Artstep.