Monthly Archives: September 2022

Press Release Seminar Laboratorium dan Keselamatan Kerja (SEMLAB) HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

SEMINAR LABORATORIUM DAN KESELAMATAN KERJA (SEMLAB)
HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kegiatan Seminar Laboratorium dan Keselamatan Kerja 2022 merupakan salah satu program kegiatan yang termasuk dalam serangkaian Biology Student Day 2022. Kegiatan ini mengusung tema “Another Step Being Biology Student: Introduction, Education, Tips and Tricks in the Laboratory” yang berarti agar mahasiswa baru Departemen Biologi 2022 mengetahui dan memahami cara kerja dan keselamatan kerja di laboratorium, alat–alat laboratorium dan cara penggunaannya, berbagai macam laboratorium dan laboran pada Departemen Biologi, serta segala peraturan dan administrasi yang ada pada laboratorium Departemen Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada hari Sabtu tanggal 17 September 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dan hari Minggu tanggal 18 September 2022 secara luring di Gedung B21. Adapun rangkaian kegiatan pada hari pertama berupa penyampaian materi dan dilanjutkan dengan pengenalan secara langsung berbagai laboratorium pada hari kedua.

Seminar Laboratorium dan Keselamatan Kerja 2022 hari pertama diawali dengan persiapan panitia pada pukul 06.00–07.00 WIB. Dilanjutkan dengan registrasi peserta dan juga pengisian presensi. Setelah registrasi, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Nur Laila dan Iqbal Reza Pradibta sebagai MC serta pembacaan doa pembuka oleh Putra Fernanda Dwi Achmada. Acara yang selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UM yang diikuti oleh seluruh partisipasi di Zoom Meeting dengan khidmat. Rangkaian pembukaan ditutup oleh Sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Biologi yang sekaligus membuka acara ini. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipandu oleh Rafidatul Azizah sebagai moderator. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Rina Triturani Saptawati, S.Kom., M.T. dengan materi “Administrasi dan Tata Tertib di Laboratorium” dan dilanjutkan materi kedua oleh Ibu Diah Ayu Eka Fitriana, S.Pd. dengan materi “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)”. Setelah penyampaian kedua materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang juga disusul dengan ice breaking berupa game tebak judul lagu selama 15 menit. Setelah sesi ice breaking, dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga dari Vyna Rohmatika, Sukma Putri Riyanti, dan Nadila Sekar Zahida, S.Si. dengan materi “Pengenalan Alat–Alat Laboratorium”. Setelah penyampaian materi ketiga selesai, dilanjutkan penyampaian materi terakhir oleh Bapak Dhiyauddin Aridhowi, S.T. dengan materi “Demonstrasi Alat–Alat Laboratorium”. Setelah seluruh penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan dengan pengisian angket pemahaman oleh peserta. Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Hasna Syahidah yang disusul dengan sesi tambahan oleh Komisi Disiplin Biology Student Day 2022.

Rangkaian hari kedua Seminar Laboratorium dan Keselamatan Kerja 2022, Minggu 18 September 2022 dibagi menjadi dua sesi. Diawali dengan persiapan panitia dari 06.30−07.30 WIB di lahan parkir B25. Pada pukul 07.30–08.00 WIB peserta sesi pertama, yaitu kelompok Alopias, Delphinus, Grampus, Hippopus, Isurus, Latimeria berkumpul di lahan parkir B25 dan melakukan pengisian presensi terlebih dahulu. Setelah pengisian presensi, acara dilanjutkan dengan pengenalan laboratorium Departemen Biologi dengan melakukan lab tour sembari didampingi oleh Pendamping Kelompok dan PJ tiap lantai Gedung B21. Semua kelompok bergilir untuk melakukan tour di setiap lantai Gedung B21 dan selesai pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu para mahasiswa baru kembali menuju ke lahan parkir B25. Kemudian acara terakhir adalah penutupan. Kegiatan pada sesi 1 selesai pada pukul 10.20 WIB. Setelah rangkaian kegiatan di sesi 1 berakhir, dilanjutkan dengan sesi 2. Pada sesi 2 ini terdiri dari kelompok Mobula, Orcaella, Pristis, Rhina, Sphyrna, Zipirus. Adapun rangkaian kegiatan pada sesi 2 ini juga sama dengan rangkaian kegiatan pada sesi 1 yang telah berjalan sebelumnya

BIOLOGY INAUGURATION DAY (B’NATION ) HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Biology Inauguration Day (B’NATION) 2022 merupakan salah satu program kegiatan yang diadakan oleh HMD Biologi “Lebah Madu” khususnya bidang Bakat dan Minat. B’NATION 2022 ini merupakan salah satu program kegiatan yang masuk dalam rangkaian acara Biology Student Day 2022. Acara ini dilakukan sebagai bentuk awal dari pengenalan terhadap Departemen Biologi FMIPA UM beserta dengan kegiatan kemahasiswaan yang ada di  dalamnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Ready to be A Biologist” yang berarti mempersiapkan
mahasiswa baru menjadi ahli biologi. Kegiatan B’NATION 2022 ini dilaksanakan pada hari
Minggu, 11 September 2022 di Aula B20 FMIPA. Acara diawali dengan persiapan panitia dan
tempat kegiatan pada pukul 05.30 WIB yang juga disusul dengan registrasi dan pengumpulan peserta pada pukul 07.30 WIB di depan Aula B20 FMIPA. Bersamaan dengan kegiatan pengumpulan mahasiswa baru, dilakukan pemeriksaan atribut dan barang bawaan oleh Penanggung Jawab tiap kelompok. Selanjutnya mahasiswa dipersilakan masuk ke dalam aula secara bergantian. Setelah semua peserta terkumpul di dalam aula, dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pembacaan doa. Pembukaan acara dipandu oleh Rizky Ramadhan dan Indah Nur Laili selaku Master of Ceremony serta pembacaan doa dipimpin oleh Hanata Akhmad. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua Pelaksana B’NATION 2022, Bupati Mahasiswa Biologi, Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022, serta Ketua Departemen Biologi.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi mengenai pengenalan Departemen Biologi oleh Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si., pengenalan HMD Biologi “Lebah Madu” oleh Achmad Muktafi Shofhal Jamil, dan Pengenalan Subdivisi HMD Biologi “Lebah Madu” oleh perwakilan masing-masing subdivisi. Acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan sholat selama 25 menit. Acara dilanjutkan dengan makan bersama peserta selama 15 menit di halaman Aula B20 FMIPA. Setelah itu acara dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi oleh Daffa Rizal Dulfaqaar Alauddin. dengan judul materi “Mengasah Bakat untuk Menambah Profit di tengah Kesibukan Kuliah” dan penyampaian materi terakhir terkait IKAHIMBI oleh Riko Widyo Laksono. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan kelompok selama 30 menit dan disusul oleh penampilan dari ASWA. Acara diakhiri dengan penutupan serta doa  bersama.

Dari keseluruhan rangkaian acara kegiatan B’NATION 2022 ini berjalan dengan lancar, hanya saja terdapat kendala karena mundurnya rundown acara sehingga tidak semua kelompok bisa menampilkan pertunjukannya. Oleh karenanya, bagi kelompok yang belum  bisa menampilakan pertunjukannya, akan diberi kesempatan menampilkan pertunjukannya pada rangkaian Student Day selanjutnya.

 

PRESS RELEASE REFOREST ACT SUBDIVISI PKPL

Reforest Act merupakan gerakan penanaman bibit pohon yang bertemakan “Ecosystem Restoration to Make Earth be Better Place of Our Act and Kindness“. Program kerja ini adalah program kerja pertama yang dilaksanakan Putra Konservasi Putri Lestari secara offline. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penghijauan hutan beserta cara pelestariannya dan memberikan kegiatan positif bagi pemuda. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk penghijauan bumi.

Pada kegiatan ini, dibutuhkan volunteer yang ikut serta dalam acara penanaman bibit
pohon. Rangkaian kegiatan Reforest Act diawali dengan pendaftaran volunteer yang dibuka pada tanggal 5 Agustus–2 September 2022. Selanjutnya, melalui Google Meeting pada tanggal 3 September 2022 dilaksanakan Technical Meeting bagi para volunteer sebagai arahan awal. Setelah itu, dilakukan penanaman bibit pohon pada tanggal 4 September 2022 di Desa Dalisodo, Kabupaten Malang.

Pelaksanaan kegiatan penanaman diawali dengan pemberian materi dari Cabang Dinas Kehutanan Kota Malang serta pembekalan mengenai tata cara penanaman pohon oleh Bapak Suhardi, SP., MM. Kemudian, dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di lahan yang telah disediakan. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa dan masyarakat yang terlibat dapat memiliki kepekaan lebih terhadap lingkungan, terutama pada kelestarian lingkungan.