Monthly Archives: October 2022

KAJIAN MAULID NABI FKKB SUBDIVISI HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kajian Maulid Nabi merupakan progam kegiatan berupa kajian yang diselenggarakan oleh FKKB Subdivisi HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang memiliki tujuan untuk menambah wawasan mengenai kebiasaan-kebiasaan Rasulullah yang dikaitkan dengan sains. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kajian dengan tema “Healthy Lifestyle ala Rasulullah”. Kegiatan Kajian Maulid Nabi ini telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 21 Oktober 2022 pukul 19.15 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Acara ini dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 19.00–19.15 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta pada room Zoom Meeting pada pukul 19.15–19.30 WIB. Acara ini dibuka oleh Muhammad Fadhil Azzam selaku Master of Ceremony tepat pada pukul 19.30 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka oleh MC dan penyampaian sambutan oleh Ketua Pelaksana Kajian Maulid Nabi yaitu Vivi Nurlailia Apriliana yang disusul dengan sambutan oleh Hasna Syahidah selaku Ketua Umum FKKB. Selanjutnya adalah pembacaan tilawah oleh Muhammad Rizky Pangestu selama 3 menit. Setelah pembacaan tilawah, berlanjut pada rangkaian acara berikutnya yaitu penyampaian materi oleh Bapak Prof. Dr. H. Abdul Gofur, M.Si. selama 60 menit. Durasi penyampaian materi ini tidak sesuai dengan durasi yang telah ditentukan oleh panitia karena dari pemateri sendiri meminta untuk diberikan perpanjangan waktu.

Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab selama 12 menit yang dipandu oleh Muhammad Fadhil Azzam selaku Master of Ceremony. Peserta yang ingin bertanya dipersilakan untuk menggunakan fitur raise hand dan open mic untuk menyampaikan pertanyaannya. Namun, jika mengalami kendala bisa menyampaikan pertanyaan melalui kolom chat Zoom Meeting. Setelah sesi tanya jawab dilanjutkan dengan closing statement oleh pemateri dan sesi dokumentasi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh Zahrina Aufiya Kamila melalui platform Kahoot yang terdiri dari 15 pertanyaan. Dari sesi ice breaking ini diperoleh tiga pemenang dengan akumulasi perolehan nilai paling tinggi. Kegiatan Kajian Maulid Nabi ini berakhir pada pukul 21.10 WIB dengan pembacaan doa penutup oleh Muhammad Fadhil Azzam selaku Master of Ceremony. Kegiatan ini bisa dikatakan sudah berjalan lancar dan tujuan kegiatan pun bisa tercapai. Dengan adanya kegiatan ini, peserta memperoleh wawasan tambahan tentang bentuk perbuatan kita untuk menunjukkan rasa sayang kepada Rasulullah SAW dan cara-cara untuk meneladani serta mengikuti sunnah rasul terutama dalam hal gaya hidup sehat Beliau. Kemudian jumlah peserta pun juga sudah mencapai target dengan total peserta sebanyak 30 orang beserta tamu undangan yang turut hadir.

Press Release Program Pengenalan Lingkungan Mahasiswa HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

PROGRAM PENGENALAN LINGKUNGAN MAHASISWA (PPLM)
HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kegiatan Program Pengenalan Lingkungan Mahasiswa (PPLM) 2022 merupakan salah satu program kegiatan yang termasuk dalam serangkaian Biology Student Day 2022. Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Karakter yang Kritis, Adaptif, dan Responsif” yang berarti agar mahasiswa baru Departemen Biologi 2022 diharapkan lebih mengembangkan potensi untuk mencapai tujuannya berlandaskan sikap yang kritis dalam memahami ilmu pengetahuan, peka terhadap lingkungan, dapat menyelesaikan permasalahan yang akan terjadi dalam kehidupan kampus dan lingkungan sekitarnya, serta memiliki sikap adaptif untuk dapat menciptakan mahasiswa yang sanggup menghadapi segala perubahan, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan negeri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada hari Minggu tanggal 9 Oktober 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dan hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2022 secara luring di Halaman Depan Gedung B20, Taman FMIPA, Kanopi Fisika-Biologi, dan Kanopi Merah. Adapun rangkaian kegiatan pada hari pertama berupa penyampaian materi umum dan pada hari kedua dilanjutkan dengan praktikum secara langsung yang dilakukan di sepuluh pos.

Program Pengenalan Lingkungan Mahasiswa (PPLM) 2022 hari pertama diawali dengan persiapan panitia pada pukul 06.30–07.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan registrasi peserta dan juga pengisian presensi. Setelah registrasi, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Abinta Ahmad Musyarrof dan Sintya Atika Rahmad selaku MC serta pembacaan doa pembuka oleh Muhammad Rizky Ramadhan. Acara yang selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh partisipan di Zoom Meeting dengan khidmat. Pembukaan ditutup dengan sambutan ketua pelaksana yang sekaligus sebagai tanda dimulainya acara pada hari pertama. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipandu oleh Azhalya Istiazzah Hapsari sebagai moderator. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Yunita Rakhmawati, S.Gz., M.Kes. dengan materi “Keefektifan Pembelajaran Mahasiswa Departemen Biologi Guna Memperluas Prospek Kerja Lulusan Biologi UM”, dilanjutkan materi kedua oleh Kak Muhammad Ahva Mushlisch dengan materi “Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi”, dan materi ketiga oleh Kak Tasya Dea Amalia dengan materi “Teknik Persidangan”. Selain penyampaian materi juga dibuka sesi tanya jawab di tiap materinya. Setelah penyampaian seluruh materi, disusul dengan kegiatan ice breaking berupa game kata acak selama 15 menit. Setelah sesi ice breaking berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan debat pada sesi Mahasiswa Biologi Lebih aktif dengan mosi “Kontroversi Produk Rekayasa Genetika” dan “Ganja Sebagai Obat Kanker”. Setelah seluruh rangkaian kegiatan inti selesai, acara dilanjutkan dengan pengisian angket pemahaman oleh peserta. Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Rizky Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tambahan oleh Komisi
Disiplin Biology Student Day 2022.

Rangkaian hari kedua Program Pengenalan Lingkungan Mahasiswa (PPLM) 2022 pada Sabtu 15 Oktober 2022 dibagi menjadi enam kloter, dimana terdapat empat kloter dari Departemen Biologi yaitu Kloter A hingga Kloter D yang masing–masing berisikan tiga kelompok, serta dua kloter dari Program Studi Gizi yaitu Kloter E dan Kloter F yang masing–masing berisikan satu kelompok. Acara diawali dengan persiapan panitia pada pukul 07.00−08.30 WIB di halaman depan Gedung B20. Kemudian pada pukul 08.30–08.45 WIB dilanjutkan dengan apel dan registrasi peserta. Setelah registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan serta sambutan oleh Bupati Mahasiswa Biologi 2022. Sebelum peserta memulai kegiatan, dilakukan briefing kegiatan terlebih dahulu kemudian peserta mulai menuju ke sepuluh pos yang telah ditentukan urutannya dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan jeda ishoma pada pukul 12.10−13.10 WIB. Setelah ishoma, dilanjutkan dengan tour kembali ke pos masing-masing hingga pukul 15.30 WIB. Adapun rincian pos yang ada pada kegiatan ini adalah pos pertama yaitu materi “Ekologi Basah” dengan pemateri Kak Awliya Nur Fawziah Asrial dan Kak Lucy Nafis, pos kedua yaitu materi “Ekologi Kering” dengan pemateri Kak Daffa’ Rizal Zulfaqaar Alauddin dan Kak Rinaldi Noviansyah, pos ketiga yaitu materi “Pitfall Trap” dengan pemateri Kak Nur Ita Veramasari, pos keempat yaitu materi “Light Trap” dengan pemateri Kak Alief Sella Fitri Nava Nabilla, pos kelima yaitu materi “Bedah Katak” dengan pemateri Kak Muhammad Maulidi Zulkifli dan Kak Mutia Ananda, pos keenam yaitu materi “Bedah Mencit” dengan pemateri Kak Eka Nurkhayati dan Kak Nurrasilfa, pos ketujuh yaitu materi “Insektarium” dengan pemateri Kak Muhammad Alif Hidayatullah dan Kak Robiatul Akhlakul Karimah, pos kedelapan yaitu materi “Herbarium” dengan pemateri Kak Ganiesha Meliany Arifin dan Kak Viska Rinata, dan pos sembilan serta sepuluh yaitu materi “Gizi” dengan pemateri dosen dari Program Studi Gizi. Kegiatan selanjutnya adalah penampilan sembilan kelompok peserta hingga pukul 17.00 WIB yang dilanjutkan dengan pengumuman penampilan kelompok terbaik. Kemudian kegiatan ditutup dengan sesi tambahan oleh Komisi Disiplin Biology Student Day 2022.

 

Press Release NATIONAL BIOLOGY COMPETITION

National Biology Competition (B’COME) merupakan salah satu program kegiatan HMD Biologi “Lebah Madu” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kreativitas, dan inovasi siswa dalam  berkompetisi, berprestasi, dan berpikir ilmiah untuk menghadapi masalah sains khususnya dalam bidang Biologi. Pada tahun ini B’COME mengangkat tema “Create a Revolution with the Spirit of Competition to be the Next Biologist” dengan harapan untuk kemajuan pendidikan yang bersinergi dan menjadi daya juang bagi peserta B’COME 2022. Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran peserta pada gelombang 1 mulai tanggal 20 Juli‒6 Agustus 2022, gelombang 2 pada tanggal 7‒21 agustus 2022 , dan gelombang 3 pada tanggal 22 Agustus‒16 September 2022. Selanjutnya yaitu pelaksanaan Technical Meeting pada tanggal 17 September 2022 dan Try Out pada tanggal 18 September 2022. Setelah rangkaian persiapan kegiatan tersebut selesai, dilaksanakan kegiatan inti berupa babak penyisihan pada tanggal 25 September 2022, babak semifinal pada tanggal 1 Oktober 2022 dan yang terakhir yaitu babak final pada tanggal 8 Oktober 2022.

Kegiatan National Biology Competition (B’COME) 2022 diawali dengan penyebaran pamflet dan surat permohonan delegasi peserta pada 18 rayon yang tersebar di seluruh Indonesia melalui media online maupun offline. Setelah penyebaran pamflet selesai, dilaksanakanlah Technical Meeting pada hari Sabtu, 17 September 2002 melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh guru pendamping dan para peserta B’COME 2022. Keesokan harinya pada hari Minggu, 18 September 2022 dilaksanakan Try Out secara online sebagai simulasi pengerjaan soal pada saat babak penyisihan. Agenda selanjutnya yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2022 yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan Website B’COME 2022. Zoom Meeting pada kegiatan babak penyisihan ini bertujuan sebagai media untuk memantau pengerjaan peserta, sedangkan website untuk media pengerjaan peserta. Pada babak semifinal pun juga demikian yang mana juga menggunakan media Zoom Meeting dan website seperti halnya pada babak penyisihan. Kemudian mengumpulkan jawaban setiap sesi pada Google Form, dan juga mengunakan Zoom Meeting untuk media pengerjaan soal.

Rangkaian acara B’COME yang terakhir yaitu babak final, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022. Acara dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 WIB. Kemudian dilanjutkan pembukaan dan sambutan oleh ke Ketua Pelaksana, Bupati Mahasiswa Biologi, dan Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Acara selanjutnya yaitu pembacaan tata tertib perlombaan. Setelah pembacaan tata tertib, acara selanjutnya yaitu lomba LCC jenjang SMP dan dilanjutkan dengan jenjang SMA. Sembari melaksanakan lomba LCC, para guru pendamping juga melaksanakan acara Seminar Keguruan dengan pemateri Dr. Ibrohim M.Si. Setelah rangkaian acara tersebut selesai, dilanjutkan dengan ishoma. Kemudian setelah ishoma dilanjutkan dengan pengumuman hasil LCC dan penentuan juara harapan 1, 2, dan 3. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kompetisi studi kasus untuk peserta yang lolos pada babak selanjutnya. Sesi pertama dimulai dengan jenjang SMP dan dilanjutkan pada jenjang SMA. Setelah studi kasus selesai, dilanjutkan dengan perhitungan nilai oleh juri, tim soal, dan panitia. Pada sela sela ini, panitia juga menyuguhkan hiburan berupa penampilan dari GSC untuk seluruh tamu dan peserta yang hadir. Setelah perhitungan nilai selesai, dilanjutkan dengan pengumuman juara, dengan pemenang sebagai berikut :

Jenjang SMA:

  • Juara 1: Muhammad Iqbal Taufani (SMAN 1 Blitar)
  • Juara 2: Sherly Florentina (SMA Xaverius Bandarlampung)
  • Juara 3: Ahmad Nizar (SMAN 2 Lamongan)
  • Juara harapan 1: Khurin Khumaira (SMAN 1 Kepanjen)
  • Juara harapan 2: Miftahul Mee Sia (SMAK Harapan Bangsa Balikpapan)
  • Juara harapan 3: Nazwa Aura Sukmasari (SMAN 1 Trenggalek)

Jenjang SMP :

  • Juara 1: Anindita Sayla Safira (SMPN 1 Pameksasan)
  • Juara 2: Nadine Faiza Kamil (SMP Progresif Bumi Sholawat)
  • Juara 3: Ardine Sabia Nurzavi (MTsN Batu)
  • Juara harapan 1: Muhammad Iqbal Affifudin (SMP Islam Al Abidin Surakarta)
  • Juara harapan 2: Jihan Salwa Hana Zakira (SMPN 1 Malang)
  • Juara harapan 3: Raditya Pasha (SMPN 1 Pamekasan)

Setelah pengumuman juara selesai, dilanjutkan dengan penyerahan piala, hadiah, dan souvenir kepada para pemenang. Acara ini diakhiri dengan penutupan oleh MC yang juga disusul dengan sesi dokumentasi bersama.

 

Press Release Pengadaan Jas Laboratorium oleh HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Pengadaan Jas Laboratorium HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Laboratorium merupakan tempat aktivitas pendidikan dan penelitian yang melibatkan alat-alat laboratorium dan bahan-bahan berbahaya. Kecelakaan di laboratorium dapat dihindari dengan mengikuti prosedur kerja yang telah tersedia salah satunya menggunakan jas laboratorium sebagai alat pelindung diri sehingga keselamatan kerja akan terjamin. Pengadaan jas laboratorium ini merupakan program kegiatan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya keselamatan kerja dan mengurangi kecelakaan kerja ketika berada di laboratorium. Pengadaan jas laboratorium ini ditujukan untuk mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang khususnya mahasiswa baru Departemen Biologi 2022.

Kegiatan pengadaan jas laboratorium ini diawali dengan pendataan ukuran jas laboratorium dan pembayaran tahap 1 pada tanggal 22–28 Agustus 2022. Para mahasiswa yang akan memesan jas laboratorium akan mengisi Google Formulir yang telah dibagikan dan melampirkan bukti pembayaran. Selanjutnya pada tanggal 30 Agustus 2022 panitia melakukan pemesanan jas laboratorium ke konveksi yang telah dipilih yaitu Enomerch Konveksi. Alamat dari konveksi ini yaitu Jl. Candi no. 2 Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pemesanan dan MOU dilakukan secara online dengan pembayaran DP sebesar 50%. Total pemesanan jas laboratorium yaitu sebanyak 240 buah dengan berbagai ukuran. Kemudian, Pada tanggal 1–6 Agustus 2022 dilanjutkan dengan pembayaran tahap 2 yang mana pada tahap ini merupakan tahap pelunasan bagi yang melakukan pembayaran secara dicicil. Proses pembuatan jas laboratorium pada awalnya diperkirakan selama 4 minggu dan akan dibagikan pada tanggal 26 September 2022. Namun, karena terkendala beberapa hal maka konveksi Enomerch melakukan konfirmasi jika pembuatan jas laboratorium mengalami keterlambatan. Jas laboratorium selesai diproduksi pada tanggal 2 Oktober 2022 dan dikirimkan ke panitia pada tanggal 3 Oktober 2022 sekaligus pelunasan pembayaran. Kemudian pada tanggal 4–5 Oktober 2022 Jas laboratorium dibagikan kepada mahasiswa di Gedung B25 tepatnya di ruang sekretariat HMD Biologi ”Lebah Madu” 2022.

Press Release Pameran dan Open Recruitment MEL Subdivisi HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

PAMERAN DAN OPEN RECRUITMENT
MEL SUBDIVISI HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Pameran dan Open Recruitment MEL merupakan forum untuk mahasiswa khususnya Departemen Biologi yang bertujuan untuk mempelajari biodiversitas burung liar yang ada di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di selasar gedung Departemen Biologi selama tiga hari yaitu dari tanggal 26-28 September 2022 dan secara daring melalui aplikasi Artstep selama dua hari yaitu dari tanggal 29-30 September 2022. Pameran menampilkan karya terbaik dari anggota MEL baik dalam bentuk fotografi maupun sketsa yang ditampilkan secara terbuka untuk seluruh mahasiswa dengan sasaran utama adalah mahasiswa Departemen Biologi.

Pameran yang dilakukan secara luring, terlihat antusias datang bukan hanya dari mahasiswa, melainkan juga dari dosen yang melintas di area selasar Departemen Biologi. Selain melihat hasil fotografi dan sketsa, tetapi juga timbul rasa keingintahuan yang tinggi dari partisipan, ditandai dengan adanya pertanyaan yang diajukan partisipan kepada panitia yang bertugas. Pertanyaan yang ada meliputi cara pengamatan burung, teknik fotografi, dll. Selain itu, dalam kegiatan ini juga difasilitasi beberapa alat pengamatan burung seperti binokuler, monokuler, dan buku panduan pengamatan burung. Banyak dari partisipan yang antusias untuk belajar memakai alat tersebut.

Pada hari ketiga pameran luring, menampilkan karya fotografi yang sedikit berbeda dengan hari pertama dan kedua yaitu adanya galeri “Bird of UM”, yang menampilkan foto burung-burung yang ada di kawasan kampus UM. Hal ini membuat mahasiswa mengetahui burung apa saja yang dapat ditemukan di wilayah kampus UM, sehingga memberikan kesan tersendiri kepada partisipan baik yang sebelumnya sudah melihat pameran di hari pertama dan kedua, maupun yang baru melihat pameran di hari ketiga.

Pameran yang dilaksanakan secara daring, dilakukan dengan membagikan link Artstep kepada mahasiswa Departemen Biologi. Seperti halnya pameran luring, dalam aplikasi Artstep tersebut juga menampilkan hasil fotografi karya anggota MEL. Partisipan hanya menggeser layar layaknya berada dalam ruangan pameran.

Dengan adanya kegiatan pameran dan open recruitment ini, didapatkan hasil sesuai tujuan yaitu untuk mengenalkan biodiversitas burung liar yang ada di Indonesia, juga untuk membuka pendaftaran kepada mahasiswa Departemen Biologi yang berminat dalam kelompok studi MEL ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat kepada partisipan dan panitia. Selain itu, diharapkan biodiversitas burung di Indonesia tetap terjaga kelestariannya, karena secara tidak langsung, kegiatan pameran ini memberikan gambaran bahwa kehidupan liar lebih baik untuk burung, layaknya tema yang diangkat yaitu “Heavenly Forest” bahwa hutan atau alam liar adalah surga bagi satwa liar, salah satunya adalah burung.