Daily Archives: November 8, 2022

Press Release PKM Learning HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

PRESS RELEASE PKM LEARNING

PKM Learning 2022 yang mengangkat tema “Initiating Creative Ideas and Innovative Generation through Scientific Papers” merupakan salah satu program kegiatan dari Bidang Penalaran HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 yang menjadi salah satu rangkaian acara Biology Student Day 2022. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Departemen Biologi, khususnya mahasiswa baru angkatan 2022, dalam pengembangan mutu lewat penulisan karya ilmiah, serta untuk memotivasi mahasiswa dalam berpikir kritis serta berkreasi aktif dalam kegiatan yang menunjang penelitian ilmiah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober–5 November 2022. PKM Learning 2022 dilaksanakan dalam tiga rangkaian kegiatan, yakni Webinar terkait Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), mentoring proposal PKM yang disusun oleh mahasiswa Biologi angkatan 2022, serta judging. Webinar PKM Learning sendiri diadakan pada hari Minggu, 1 Oktober 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah Daffa’ Rizal Dzulfaqaar Alauddin. Pada kegiatan ini, pemateri memberikan pemaparan materi yang meliputi pengenalan PKM secara umum, sistematika pembuatan hingga pengumpulan proposal PKM ke Kemendikbud, tips dan trik dalam mencari ide PKM, serta tips lolos pendanaan PKM. Setelah pemaparan materi, ada juga sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Sebagai salah satu rangkaian acara Biology Student Day 2022, seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 diberikan penugasan berupa pembuatan proposal PKM untuk setiap tim yang beranggotakan 3 orang. Selain itu, pengumpulan proposal juga dapat dilakukan oleh mahasiswa S1 Departemen Biologi angkatan 2020–2021 yang berkenan untuk turut andil dalam mengikuti perlombaan PKM Learning ini dengan mengumpulkan proposal. Penugasan proposal
dikumpulkan terakhir pada tanggal 11 Oktober 2022. Kemudian, proposal akan dikoreksi oleh pihak panitia dan reviewer yang sudah berkompeten di setiap bidang PKM. Tahap pengoreksian dimulai pada tanggal 12–22 Oktober 2022 dan dilanjutkan dengan pengumuman 10 tim proposal terbaik melalui Instagram @pkmlearning.um pada tanggal 23 Oktober 2022.

Selanjutnya, 10 tim yang terpilih mengikuti tahap mentoring yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober–5 November secara kondisional, baik secara luring maupun daring sesuai kesepakatan mentor dan juga tim peserta. Terdapat 4 mentor yang berpartisipasi pada kegiatan mentoring PKM Learning tahun ini, yakni Widad Lazuardi, M. Iqbal Najib Fahmi, Dinar Arsy Anggraini, dan Rif’atu Nuril Laily. Mentoring dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan tim dalam mengikuti judging PKM Learning serta kompetisi PKM di tingkat fakultas.

Sepuluh tim yang terpilih melaksanakan kegiatan judging PKM Learning pada tanggal 30 Oktober 2022 secara luring di Laboratorium PBM Departemen Biologi. Terdapat 3 juri yang menilai penampilan peserta yang semuanya merupakan dosen dari Departemen Biologi, yaitu Bapak Deny Setiawan, M.Pd., Ibu Rahmi Masita, S.Si., M.Sc., dan Ibu Sitoresmi Prabaningtyas, S.Si., M.Si.. Tiap tim diberikan waktu selama 20 menit dengan rincian 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab. Dari 10 tim tersebut, akan diambil 3 tim pemenang dengan hasil presentasi proposal terbaik yang hasilnya akan diumumkan di Instagram PKM Learning pada tanggal 6 Oktober 2022.