Daily Archives: November 13, 2022

Press Release Sarasehan II HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Sarasehan II HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Sarasehan II merupakan salah satu program kegiatan dari Divisi Rumah Tangga Bidang Kesejahteraan HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Sarasehan I yang bertujuan untuk mengkritisi dan mempertimbangkan segala aspirasi, kritik dan saran yang telah disampaikan oleh masyarakat Departemen Biologi kepada HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 dan Departemen Biologi Universitas Negeri Malang. Dengan mengusung tema “Pertimbangkan Saran, Kritisi Aspirasi, untuk Kemakmuran Masyarakat Biologi”, harapannya HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 maupun Departemen Biologi Universitas Negeri Malang akan menjadi lembaga organisasi yang aspiratif dan komunikatif serta terbuka terhadap saran dan kritik mahasiswa, sehingga terciptalah masyarakat Biologi yang makmur dan sentosa.

Kegiatan Sarasehan II ini diawali dengan pengisian link angket oleh mahasiswa, dosen dan tendik Departemen Biologi Universitas Negeri Malang dari tanggal 19 Oktober–02 November 2022 yang dipublikasikan melalui Instagram dan Whatsapp. Kemudian, untuk penayangan hasil angket Sarasehan II secara langsung dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 November 2022 melalui Zoom Meeting dan live melalui akun YouTube HMD Biologi “Lebah Madu”. Kegiatan ini diawali dengan persiapan panitia pada pukul 07.00–07.30 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta ke Zoom Meeting. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Nurin Fatiha Maulida selaku Master of Cheremony pada jam 08.10 WIB. Acara berikutnya yakni pembacaan doa oleh Abinta Ahmad Musyarrof dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Bendahara Pelaksana selaku perwakilan dari Ketua Pelaksana, Bupati Mahasiswa Biologi, Dosen Pendamping HMD Biologi 2022, dan Ketua Departemen Biologi.

Setelah pembukaan dan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil angket yang dipandu oleh moderator pada jam 08.39–09.30 WIB. Selanjutnya, Ketua Departemen Biologi memberikan tanggapan dari hasil angket yang telah dipaparkan. Setelah adanya tanggapan tersebut, dilanjutkan dengan diskusi terbuka antara mahasiswa dengan dosen maupun tendik. Pada sesi diskusi, mahasiswa berkesempatan untuk menyampaikan aspirasi maupun mengkritisi hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan pada Departemen Biologi. Terdapat 3 pertanyaan dari mahasiswa yang ditujukan kepada Departemen di sesi diskusi ini. Ketiga pertanyaan tersebut ditanggapi secara langsung oleh Ketua Departemen Biologi. Setelah adanya tanggapan Ketua Departemen, terdapat tanggapan dari Bupati Mahasiswa Biologi mengenai hasil angket yang telah disampaikan terhadap kinerja HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Diskusi terbuka berakhir hingga pukul 11.10 WIB. Sebelum acara berakhir, panitia membagikan link angket kepuasan pada kolom chat Zoom Meeting dan peserta diperkenankan mengisi selama 15 menit. Selanjutnya, acara Sarasehan II diakhiri dengan pembacaan doa dan ditutup secara resmi oleh MC.

Adapun hasil pengisian angket ini didapatkan dari responden yaitu 294 mahasiswa dengan target minimal sebanyak 292 responden, sedangkan dosen dan tendik terdapat 5 orang responden dengan target minimal 49 responden. Maka dari itu, target responden yang dicapai dari mahasiswa sebesar 100%, sedangkan dosen tendik sebesar 10%