Daily Archives: November 14, 2022

Press Release Biologi Mengabdi HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Biologi Mengabdi HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, sudah selayaknya mahasiswa melakukan aksi nyata yang dapat diterima dan dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi “Lebah Madu” 2022 mengadakan kegiatan Biologi Mengabdi yang di dalamnya terdiri dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan terkait pembuatan media jamur tiram dengan tema ”Mengabdi dengan Hati, Wujudkan Masyarakat yang Terampil”. Kegiatan Biologi Mengabdi HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 telah dilaksanakan pada hari Minggu, 13 November 2022 di Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Kegiatan Biologi Mengabdi diawali dengan penyebaran undangan kepada masyarakat Desa Pandanajeng, khususnya kelompok tani yang ada di desa tersebut pada tanggal 11 November 2022. Kemudian, serangkaian kegiatan Biologi Mengabdi dimulai dengan keberangkatan panitia ke Desa Pandanajeng pada hari Minggu tanggal 13 November 2022. Kegiatan diawali dengan persiapan panitia dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan registrasi peserta serta cek kesehatan. Acara dibuka oleh Indah Nur Laili selaku Master of Ceremony pada pukul 11.26 WIB. Setelah itu, pembacaan doa yang dipimpin oleh Fajar Dwi Widianto dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, terdapat sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Bupati Mahasiswa Biologi, Pendamping HMD Biologi, dan Kepala Desa Pandanajeng yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh Sekretaris Desa Pandanajeng.

Setelah pembukaan dan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang budidaya jamur oleh Ibu Ajeng Daniarsih, S.Si., M.Si. selaku pemateri pada pukul 11.55 WIB. Masyarakat desa pun ikut melakukan praktik pembuatan media tanam (baglog) hingga inokulasi jamur tiram yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Praktik tersebut didampingi dan diarahkan oleh pemateri dan pendamping kelompok. Setelah sesi praktik, dilanjutkan sesi tanya jawab yang dikemas dalam bentuk sharing session antara pemateri dengan peserta. Kegiatan berikutnya adalah pengisian angket kepuasan oleh peserta dan dilanjutkan dengan sesi pemberian vandel kepada pihak Desa Pandanajeng dan pemateri. Kegiatan terakhir adalah pembacaan doa dan ditutup secara resmi oleh MC. Kemudian dilakukan sesi dokumentasi bersama pemateri, perangkat desa, dan masyarakat desa. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah sebanyak 15 orang dari target minimal 25 orang. Maka dari itu, target peserta belum tercapai.

Press Release Thermology 2022 HMD Biologi “Lebah Madu” 2022

THERMOLOGY 2022 HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

THERMOLOGY 2022 dengan mengusung tema “Create Talented and Outstanding Young Scientists in the Globalization Era” merupakan program kegiatan terbesar dari Bidang Bakat dan Minat HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah perayaan Dies Natalis Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang yang ke-68. Selain itu, THERMOLOGY 2022 juga sebagai wadah pengembangan bakat dan minat serta meningkatkan keterampilan bakat dan minat mahasiswa, khususnya mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kegiatan THERMOLOGY 2022 ini diawali dengan Technical Meeting bersama ketua offering Departemen Biologi angkatan 2020–2022 pada tanggal 3 September 2022. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pendaftaran cabang lomba singing competition, dance competition, dan poetry competition yang dibuka pada tanggal 28–29 Oktober 2022 dengan sasaran peserta adalah mahasiswa Departemen Biologi Program Studi Biologi angkatan 2020–2022. Kegiatan Puncak THERMOLOGY 2022 dilaksanakan pada tanggal 1 November secara luring di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang. Kegitatan puncak ini diawali dengan open gate pada pukul 14.00 WIB yang juga bersamaan dengan penampilan dari KOMIPA selaku partnership dalam acara ini. Kemudian, pukul 14.10 WIB acara dibuka oleh MC yang disusul dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana THERMOLOGY 2022 dan dosen pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Selanjutnya adalah penayangan kompilasi video ucapan dies natalis dari Bapak dan Ibu dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa Departemen Biologi. Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng oleh dosen dan tenaga pendidik yang disusul dengan pembacaan doa.

Pada acara puncak ini juga terdapat lomba tumpeng yang diikuti oleh tiap program studi di Departemen Biologi dari mulai angkatan 2020 sampai 2022. Adapun juri lomba tumpeng itu sendiri adalah dari seluruh dosen yang hadir di acara tersebut. Di sela-sela acara lomba tumpeng, seluruh peserta dan undangan yang hadir juga disuguhkan dengan penampilan dari Gema Suara Cipta selaku partnership dalam kegiatan ini. Kemudian, acara juga dilanjutkan dengan penampilan cabang lomba singing competition, dance competition, dan poetry competition. Penampilan perlombaan ini diselingi dan dimeriahkan dengan acara pemilihan Putra Konservasi Putri Lestari 2022. Setelah penampilan seluruh peserta di tiap cabang lomba, pada akhir acara terdapat pengumuman pemenang tiap cabang lomba THERMOLOGY 2022 dan pemenang dari Putra Konservasi Putri Lestari 2022. Selanjutnya, acara ini ditutup dengan penutupan oleh MC yang disusul dengan penampilan dari RICCHO Music and Entertainment Band.