Daily Archives: November 19, 2022

PRESS RELEASE KULIAH TAMU MEL SUBDIVISI HMD BIOLOGI “LEBAH MADU” 2022

Kuliah Tamu MEL merupakan salah satu program kerja dari MEL yang ditujukan untuk masyarakat umum dan akademisi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daringmelalui Zoom Meeting yang berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 12November 2022. Kuliah Tamu dilaksanakan dengan memaparkan materi mengenai bioakustik burung yang dapat menjadi  upaya konservasi dalam menjaga kelestarianburung di Indonesia. Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini juga akan dibukasesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring terlihat cukup banyak partisipan dari wilayah Malang hingga dari luar kota Malang. Jumlah peserta kuliah tamu yang hadir sekitar 75 peserta dan terlaksana dengan baik sesuai susunan acara yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan Kuliah Tamu diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan  dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama sekaligus pembukaan KULTAM MEL  2022 disampaikanoleh Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Setelah itu  sambutan dilanjutkan oleh Bupati Mahasiswa Biologi, Ketua Umum MEL, dan Ketua  Pelaksana KULTAM MEL 2022.

Sebelum memulai pemaparan materi, dilakukan pembacaan doa yang dipimpinoleh MC yang kemudian disusul dengan sesi dokumentasi. Berlanjut ke acara inti dari Kuliah Tamu yakni pemaparan materi yang berkaitan dengan tema. Kuliah TamuMEL 2022 ini mengusung tema  “Mendengar untuk Melestarikan: Bioakustik Burungsebagai Upaya Konservasi”.

Selama pemaparan materi oleh narasumber, terlihat para peserta memperhatikan dengan baik dan fokus kepada penyampaian materi. Para peserta juga sangat bersemangat dalam sesi tanya jawab bersama narasumber. Selama sesi tanya jawab, peserta Kuliah Tamu menyampaikan pertanyaannya melalui kolom chat, lalu pertanyaan-pertanyaan tersebut ditampung dan ditampilkan pada room meeting oleh panitia yang bertugas. Setelah berakhirnya sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pembagian link presensi peserta dan sertifikat yang akan dibagikan. Selanjutnya, acara diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Dengan adanya kegiatan Kuliah Tamu ini, didapatkan hasil yang sesuai tujuan, yaitu menambah wawasan mengenai bioakustik burung. Setelah pemaparan materi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta di kemudian hari. Selain itu, wawasan tersebut juga dapat diterapkan sebagai upaya konservasi untuk mencegah kepunahan spesies burung. Diharapkan para masyarakat dapat lebih peka terhadapkeberadaan burung di sekitarnya.

PRESS RELEASE BIOLOGY MAGAZINE EDISI 4

BIOZINE atau Biology Magazine merupakan sebuah program kerja yang diselenggarakan oleh HMD Biologi “Lebah Madu” 2022 berupa penerbitan majalah. Program kerja ini bertujuan sebagai media informasi dan literasi digital mengenai alam yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan. Sudah selayaknya literasi digaungkan untuk mencerdaskan masyarakat milenial. BIOZINE Edisi 4 mengusung tema “Revive the World of Biodiversity” yang merupakan suatu bentuk inovasi dari edisi sebelumnya. Informasi-informasi mengenai biodiversitas perlu diangkat untuk disebarluaskan sebagai edukasi bagi masyarakat terutama bagi pembacanya.

Majalah ini berisikan informasi seputar Departemen Biologi seperti penelitian dosen, mahasiswa berprestasi, kegiatan yang dilaksanakan hingga karya-karya yang dibuat oleh mahasiswa Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Selain itu, BIOZINE edisi 4 menyuguhkan informasi umum yang menarik dan menghibur melalui tampilan visualisasi yang mendukung di setiap halamannya. E-Magazine ini ditujukan kepada masyarakat umum dan civitas akedemika Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang yang dirilis melalui Website ISSUU dan tujuh buah majalah cetak yang masing-masing akan diserahkan kepada pihak Fakultas MIPA, Ketua Departemen Biologi, Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022, dua dosen sebagai narasumber, sebagai arsip Ormawa, dan juga untuk diletakkan di lobby Gedung B21 agar bisa dijadikan sebagai bahan literasi.

Penyusunan BIOZINE Edisi 4 dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan yang dimulai pada tanggal 1 September 2022. Rangkaian kegiatan dimulai dari penentuan narasumber dengan topik wawancara yang sudah ditentukan. Kegiatan selanjutnya adalah menghubungi dan melakukan wawancara bersama narasumber yang telah disepakati, yaitu pada tanggal 15 September–4 Oktober 2022. Kemudian, pada tanggal 24 September–7 Oktober 2022 dilaksanakan Open Submission yang merupakan kegiatan pengumpulan karya bagi seluruh mahasiswa aktif Departemen Biologi Universitas Negeri Malang. Karya yang dikumpulkan dapat berupa fotografi, puisi, cerpen, dan komik. Selanjutnya, karya Open Submission ini akan diseleksi dan dipilih lima karya terbaik yang akan dimasukkan ke dalam majalah BIOZINE Edisi 4.

Setelah seluruh naskah dari Sie Reporter Konten terkumpul, dilakukanlah penyuntingan naskah mulai tanggal 14 Oktober 2022. Naskah yang sudah disunting, kemudian dimasukkan dalam desain layout yang disesuaikan dengan topik dari masing-masing naskah. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Oktober sampai 12 November 2022. Tanggal 14 November 2022, perilisan BIOZINE EDISI 4 secara resmi diunggah melalui Website ISSUU dan dipublikasikan pada sosial media HMD Biologi “Lebah Madu”.

Link akses BIOZINE EDISI 4 2022:
https://bit.ly/BIOZINEEdisi4