Press Release NATIONAL BIOLOGY COMPETITION

National Biology Competition (B’COME) merupakan salah satu program kegiatan HMD Biologi “Lebah Madu” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kreativitas, dan inovasi siswa dalam  berkompetisi, berprestasi, dan berpikir ilmiah untuk menghadapi masalah sains khususnya dalam bidang Biologi. Pada tahun ini B’COME mengangkat tema “Create a Revolution with the Spirit of Competition to be the Next Biologist” dengan harapan untuk kemajuan pendidikan yang bersinergi dan menjadi daya juang bagi peserta B’COME 2022. Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran peserta pada gelombang 1 mulai tanggal 20 Juli‒6 Agustus 2022, gelombang 2 pada tanggal 7‒21 agustus 2022 , dan gelombang 3 pada tanggal 22 Agustus‒16 September 2022. Selanjutnya yaitu pelaksanaan Technical Meeting pada tanggal 17 September 2022 dan Try Out pada tanggal 18 September 2022. Setelah rangkaian persiapan kegiatan tersebut selesai, dilaksanakan kegiatan inti berupa babak penyisihan pada tanggal 25 September 2022, babak semifinal pada tanggal 1 Oktober 2022 dan yang terakhir yaitu babak final pada tanggal 8 Oktober 2022.

Kegiatan National Biology Competition (B’COME) 2022 diawali dengan penyebaran pamflet dan surat permohonan delegasi peserta pada 18 rayon yang tersebar di seluruh Indonesia melalui media online maupun offline. Setelah penyebaran pamflet selesai, dilaksanakanlah Technical Meeting pada hari Sabtu, 17 September 2002 melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh guru pendamping dan para peserta B’COME 2022. Keesokan harinya pada hari Minggu, 18 September 2022 dilaksanakan Try Out secara online sebagai simulasi pengerjaan soal pada saat babak penyisihan. Agenda selanjutnya yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2022 yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan Website B’COME 2022. Zoom Meeting pada kegiatan babak penyisihan ini bertujuan sebagai media untuk memantau pengerjaan peserta, sedangkan website untuk media pengerjaan peserta. Pada babak semifinal pun juga demikian yang mana juga menggunakan media Zoom Meeting dan website seperti halnya pada babak penyisihan. Kemudian mengumpulkan jawaban setiap sesi pada Google Form, dan juga mengunakan Zoom Meeting untuk media pengerjaan soal.

Rangkaian acara B’COME yang terakhir yaitu babak final, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022. Acara dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 WIB. Kemudian dilanjutkan pembukaan dan sambutan oleh ke Ketua Pelaksana, Bupati Mahasiswa Biologi, dan Dosen Pendamping HMD Biologi “Lebah Madu” 2022. Acara selanjutnya yaitu pembacaan tata tertib perlombaan. Setelah pembacaan tata tertib, acara selanjutnya yaitu lomba LCC jenjang SMP dan dilanjutkan dengan jenjang SMA. Sembari melaksanakan lomba LCC, para guru pendamping juga melaksanakan acara Seminar Keguruan dengan pemateri Dr. Ibrohim M.Si. Setelah rangkaian acara tersebut selesai, dilanjutkan dengan ishoma. Kemudian setelah ishoma dilanjutkan dengan pengumuman hasil LCC dan penentuan juara harapan 1, 2, dan 3. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kompetisi studi kasus untuk peserta yang lolos pada babak selanjutnya. Sesi pertama dimulai dengan jenjang SMP dan dilanjutkan pada jenjang SMA. Setelah studi kasus selesai, dilanjutkan dengan perhitungan nilai oleh juri, tim soal, dan panitia. Pada sela sela ini, panitia juga menyuguhkan hiburan berupa penampilan dari GSC untuk seluruh tamu dan peserta yang hadir. Setelah perhitungan nilai selesai, dilanjutkan dengan pengumuman juara, dengan pemenang sebagai berikut :

Jenjang SMA:

  • Juara 1: Muhammad Iqbal Taufani (SMAN 1 Blitar)
  • Juara 2: Sherly Florentina (SMA Xaverius Bandarlampung)
  • Juara 3: Ahmad Nizar (SMAN 2 Lamongan)
  • Juara harapan 1: Khurin Khumaira (SMAN 1 Kepanjen)
  • Juara harapan 2: Miftahul Mee Sia (SMAK Harapan Bangsa Balikpapan)
  • Juara harapan 3: Nazwa Aura Sukmasari (SMAN 1 Trenggalek)

Jenjang SMP :

  • Juara 1: Anindita Sayla Safira (SMPN 1 Pameksasan)
  • Juara 2: Nadine Faiza Kamil (SMP Progresif Bumi Sholawat)
  • Juara 3: Ardine Sabia Nurzavi (MTsN Batu)
  • Juara harapan 1: Muhammad Iqbal Affifudin (SMP Islam Al Abidin Surakarta)
  • Juara harapan 2: Jihan Salwa Hana Zakira (SMPN 1 Malang)
  • Juara harapan 3: Raditya Pasha (SMPN 1 Pamekasan)

Setelah pengumuman juara selesai, dilanjutkan dengan penyerahan piala, hadiah, dan souvenir kepada para pemenang. Acara ini diakhiri dengan penutupan oleh MC yang juga disusul dengan sesi dokumentasi bersama.