Intermezo

Hafalan Bahasa Latin Biologi  Sambil Nyanyi ?

Oleh Febriani Dita

Bahasa latin dalam pelajaran biologi memang sangat erat , semua nama tumbuhan dan hewan bahkan semua makhluk hidup menggunakan nama latin. Beberapa berpendapat bahwa nama latin memang sulit untuk di hafalkan , sehingga perlu adanya suatu metode pembelajaran yang dapat memudahkan untuk menghafalkan nama latin. Metode tersebut adalah metode hafalan dengan mengunakan lagu berkait. Pentinya penerapan metode ini adalah untuk memudahkan para pelajar dalam melakukan pembelajaran , khususnya dalam menhafal nama latin dalam biologi. Menghafal akan jauh lebih efektif dan efisien jika dalam menghafal di ikuti oleh lagu terkait. Hal ini didasari ,karena lagu atau nyanyian merupakan hoby menyeluruh bagi semua kalangan, untuk menghafal lagu hanya membutuhkan beberapa saat saja, apalagi lagu itu memiliki irama yang sangat enak di dengar dan nyaman dinyanyikan ,bahkan terkadang tanpa disadari lagu itu terhafal sendiri.

Dalam sebuah buku yang berjudul Quatum Learning dan Quantum teaching teori ini sudah pernah diungkap, namun hanya dalam pembelajaran tertentu ,namun perkembangan teori ini sangat signifikan. Teori ini lebih codong kepada hafalan, bagaimana seorang guru bisa memasukkan materinya dalam sebuah lagu dan bisa dinyanyikan oleh siswa. Dari hal tersebut timbulah ide tentang teknik lagu berkait dalam menghafal dan mempelajari nama latin dalam biologi.

Untuk menerapkan metode ini kekreatifan dan ketrampilan seorang guru atau tenaga pendidikan dalam mengunakan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan mengajar seperi yang telah disebutkan dalam kegiatan eksplorasi guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,media pembelajaran metode ini perlu adanya suatu kerja sama antara tenaga pendidik biologi dengan instansi seni dan budaya, kerjasama itu untuk mendukung metode hafalan bahasa latin dengan teknik lagu berkait.