TRY OUT KOLABORASI SBMPTN 2017

Puguh Setiawan

Staff  Penalaran HMJ Biologi 2017

 

TRY OUT KOLABORASI SBMPTN 2017 TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT
SE-MALANG TERBUKA
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN DAN PRODI SE-FMIPA

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

“Prepare Yourself and Reach Your Dream

 

Dewasa ini, setiap bangsa dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Dalam hal ini, tidak bisa lepas dari kualitas pendidikan yang dimiliki setiap bangsa. Mengingat pentingnya peran generasi bangsa dalam menentukan masa depan nantinya, maka diperlukan sebuah wadah untuk menyiapkan generasi yang berwawasan dan berpendidikan tinggi. Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu tempat yang kompeten untuk menyiapkan generasi emas tersebut.

Ada beberapa seleksi yang harus dilalui untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi. Salah satu seleksi yang mempunyai peluang cukup tinggi adalah melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang dislenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi. SBMPTN merupakan jembatan yang menghubungkan antara jenjang pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi dengan menggunakan pola ujian tertulis secara Nasiona. Bagi para siswa, jalur ini ialah suatu pintu yang menentukan awal langkah mereka dalam mencapai cita-citanya.

Mengingat daya saing untuk masuk jalur SBMPTN ini juga cukup tinggi. Maka diperlukan persiapan yang matang dari para siswa agar bisa mencapai Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. Persiapan yang matang tentunya harus diimbangi dengan persiapan intelektual dan emosionalnya, dalam hal ini adalah pengetahuan dan mental calon mahasiswa. Oleh karena itu, Try Out Kolaborasi SBMPTN 2017 yang diselenggarakan oleh HMJ dan HMP FMIPA UM kembali hadir dengan mengangkat tema  “Prepare Yourself and Reach Your Dream”. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu menjadi ruang untuk calon mahasiswa dalam mendukung persiapan mengikuti SBMPTN 2017.

Gambaran dalam kegiatan Try Out Kolaborasi SBMPTN 2017 ini adalah peserta yang mengikuti Try Out Kolaborasi SBMPTN 2017 mengerjakan soal dengan 2 tahap. Tahap pertama merupakan tahap pilihan dengan waktu pengerjaan TK SAINTEK (Tes Kemampuan Sains dan Teknologi) selama 105 menit dan untuk TK SOSHUM (Tes Kemampuan Sosial dan Humaniora) selama 105 menit. Tahap kedua adalah pengerjaan TPA (Tes Potensi Akademik) yang serentak dilaksanakan 105 menit.

Setelah selesai pengerjaan soal, peserta diberikan waktu untuk istirahat dan dibekali dengan beberapa materi yang telah disiapkan oleh pihak panitia maupun sponsor. Acara Try Out Kolaborasi SBMPTN 2017 kali ini bekerjasama dengan pihak Bimbel Plus Ilhami sebgai penyedia soal, kunci jawaban, dan FGD (Forum Guide Discussion). Pihak percetakan kami bekerjasama dengan Jipeg dan Blink-Blink untuk menyediakan fasilitas peserta. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan Aan K. Prasetya selaku pemateri dalam acara seminar motivasi selepas mengerjakan soal.

 

 

 

 

 

 

Forum Guide Discussion (FGD) yang diisi oleh Bimbel Plus Ilhami, merupakan sarana konsultasi diskusi singkat yang disediakan untuk peserta Tanya jawab untuk memilih kampus yang sesuai dengan keinginan dan potensi para peserta.

 

 

 

 

 

 

Acara ini, banyak didominasi oleh peserta dari sekolah yang ada di Malang, namun tidak menutup kemungkinan sekolah diluar Malang juga lumayan banyak yang daftar, sampai peserta terjauh ada dari Jambi, dengan total peserta 283 peserta.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedikit sambutan dari ketua pelaksana sekaligus mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah berkontribusi mengikuti acara ini, ucapan terimakasih juga kepada para sponsor, media partner, promoter, dan tamu undangan, dan tidak lupa ucapan terimakasih yang sebesa-besarnya pula kepada seluruh panitia Try Out Kolaborasi SBMPTN 2017 yang telah bekerja keras dari awal hingga akhir acara. Selain itu, ucapan maaf sebasar-besarnya dari ketua pelaksana mewakili seluruh panitia, mohon maaf jika ada pelayanan kami yang kurang mengenakkan, itu menjadi bahan pembelajaran kami berikutnya supaya lebih baik dan semoga kepengurusan tahun berikutnya menjadi lebih baik lagi.