Artikel

MANFAAT LIDAH BUAYA, MANGGA dan KENITU

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

     Manfaat lidah buaya sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai penyubur rambut. Berbagai penelitian berhasil mengungkap khasiat lidah buaya diantaranya untuk penyembuhan luka, perawatan kulit, bahan baku kosmetik, hingga makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya adalah salah satu tanaman terpopuler di dunia yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi berbagai produk kesehatan dan kecantikan.

     Lidah buaya mengandung lebih dari 200 komponen aktif diantaranya vitamin, mineral, asam amino, enzim, mineral, polisakarida, dan asam lemak. Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman sukulen, yaitu salah satu jenis tanaman yang dapat menyimpan air di dalam dagingnya. Dengan kemampuannya tersebut, tanaman ini mampu bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan rendah dalam waktu yang cukup lama.

  • Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang buruk biasanya terkait dengan banyak penyakit yang terdapat pada saluran cerna. Mengkonsumsi olahan lidah buaya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan karena dalam lidah buaya mengandung serat yang cukup tinggi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan proses penuaan dini.

  •  Peradangan

Manfaat lidah buaya dikenal bersifat anti-inflamasi, atau dengan kata lain ia memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan. Gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan banyak masalah lain.

  • Aloe Vera untuk Tumor dan Kanker

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa polisakarida yang terdapat di lidah buaya memiliki sifat anti-tumor. Lidah buaya akan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh dan memberikan kontribusi untuk penghancuran tumor kanker.

  • Aloe Vera untuk Penderita Diabetes

Studi klinis menunjukkan bahwa Aloe Vera memiliki sifat anti-diabetes. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kadar gula dalam darah puasa menurun secara bertahap pada pasien diabetes yang mengkonsumsi lidah buaya selama tiga bulan.

  • Aloe Vera untuk Kecantikan

Dalam penggunaannya untuk bidang kecantikan, manfaat lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat, detoksifikasi kulit, menghilangkan bekas luka, melembabkan kulit, serta membantu proses peremajaan kulit. Belum banyak yang tahu beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, sehingga pemanfaatannya menjadi kurang optimal yang hanya dimanfaatkan sebagai penyubur rambut saja.

 

Manfaat Mangga (Mangifera indica)

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam margaMangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kecantikan:

  • Membantu membersihkan jerawat

Untuk memperoleh manfaat buah mangga yang satu ini dapat anda lakukan dengan mebuat masker buah mangga yaitu dengan cara tumbuk halus daging buah mangga kemudian oleskan pada wajah dan bagian kulit yang berjerawat, biarkan kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Cara ini cukup efektif karena dengan masker buah mangga, pori-pori kulit anda akan terbuka sehingga nutrisi dari buah akan masuk dan mematikan bakteri penyebab jerawat.

  • Membantu kesehatan gigi dan gusi.

Manfaat buah mangga yang kedua ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan gusi, gigi dan tentunya mencegah sariawan. Jadi, apabila anda tidak mau sakit gigi atau gusi sebaiknya anda rutin makan buah yang banyak mengandung vitamin C yang salah satunya dapat anda peroleh dalam buah mangga.

  • Melawan kanker.

Senyawa antioksidan memang sebagian besar terdapat pada buah-buahan dan salah satunya dalam buah mangga. Manfaat buah mangga ini dikarenakan adanya vitamin C yang dapat menghambat radikal bebas penyebab kanker.

  • Meningkatkan gairah lelaki.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang juga merangsang produksi hormon serta menjaga kesehatan alat reproduksi.

Kandungan Gizi Buah Mangga

     Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal),Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).

Hasil dan kegunaan

     Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali  dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.

     Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras dan mudah dikerjakan; namun kurang awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijadikan arang yang baik 

     Daun mangga mengandung senyawa organiktarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis dengan insulin mengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.

 

Manfaat kenitu (Chrysophyllum Cainito)

     Buah kenitu berbentuk bulat hingga bulat telur sungsang, berdiameter 5-10 cm, dengan kulit buah licin mengkilap, coklat keunguan atau hijau kekuningan sampai keputihan. Kulit agak tebal, liat, banyak mengandung lateks dan tak dapat dimakan. Daging buah putih atau keunguan, lembut dan banyak mengandung sari buah, manis, membungkus endokarp berwarna putih yang terdiri dari 4-11 ruang yang bentuknya mirip bintang jika dipotong melintang. Biji 3-10 butir, pipih agak bulat telur, coklat muda sampai hitam keunguan, keras berkilap.

Kegunaan

     Kenitu umumnya dikonsumsi sebagai buah segar, meski juga dapat digunakan sebagai bahan baku es krim atau serbat. Pohon kenitu menghasilkan buah setelah berumur 5-6 tahun, dan biasanya musim puncak buah itu di Jawa terjadi pada musim kemarau. Banyak bagian pohon yang berkhasiat obat; misalnya kulit kayunya, getah, buah dan biji. Rebusan daunnya dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Dari pepagannya (kulit kayu) dihasilkan obat kuat dan obat batuk. Pohonnya kerap digunakan sebagai tanaman hias dan peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Kayunya cukup baik sebagai bahan bangunan. Dan cabang-cabangnya yang tua dimanfaatkan untuk menumbuhkan anggrek. Penyakit yang dapat di sembuhkan oleh  buah Chrysophyllum cainito adalah :

  • Penderita kanker
  • Penyakit larengitis
  • Penderita penyakit diabetes
  • Penderta penyakit pneumonia

     Adapun untuk cara pengobatannya yaitu mengonsumsi buah ini dengan teratur dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh penderita tersebut, jika dalam keadaan sehat sebaiknya mengonsumsi buah ini secara rutin agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap jenis penyakit yang tersebut diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *